Dalam format html/ htm jika ada unsur link seperti http://www.nama.com atau saya@nama.com, maka akan menjadi http://www.nama.com atau saya@nama.com. Jika alamat itu di clik, maka system akan langsung membuka aplikasi baru seperti membuka browser baru atau new create email.

Dilihat  dari sisi lain kejadian ini menjadi celah karena program hacker, virus dalam mendeteksi atau meng-add langsung. Secara umum beberapa web di internet mematikan link email dg berbagai cara, seperti :

1. Mengubah script email. saya@nama.com menjadi saya @nama.com atau menjadi saya add nama.com dsb.

2. Menganti alamat email dg file gambar.

Tentu cara di atas akan sulit bagi para browser/ rekan2 kita yang ingin segera ke alamat tersebut (maksud hati mau aman, tapi membuat ribet).

Permasalah di atas dapat di atasi dengan menambahkan script tertentu. Sehingga script link menjadi disable.

Contoh pada hytpertext :

1. <a onclick=”this.href=’javascript:void(0)’;this.disabled=1″>www.nama.com</a>
2. <a href=’#’>www.nama.com</a>

Contoh pada email

1. <a onclick=”this.href=’javascript:void(0)’;this.disabled=1″>saya@nama.com</a>
2. <a href=’#’>saya@nama.com</a>

Dengan cara di atas alamat kita lebih aman dari :

– Program scanning, yang akan meng-add secara otomatis.

– Human error, seperti tidak sengaja ke-click alamat email (salah kirim email).

Jika ingin meng-add alamat email atau mau browsing ke alamat di atas, cukup lakukan secara manual dengan cara copy-paste. Dengan copy-paste ini relatif lebih cepat daripada mengedit alamat di atas (mengubah alamat menjadi tidak sesuai format HTML).