Sebagai awal jika ada masalah dengan produk Microsoft, dapat hubungi Customer Service Microsoft, nanti jika level ini masalah belum selesai, maka di FU ke level selanjutnya atau ke bagian selanjutnya.

P.T. Microsoft Indonesia
18th floor Tower II Jakarta Stock Exchange Building
Sudirman Central Business District
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190
Indonesia

Phone : 21-2551 8100
Customer Service: 21-515 5151, Senin-Jumat, sampai pukul 18:00
Setelah masuk ke dalam PBX Microsoft, pilih 1 (Bhs.Indonesia) – 3 (Technical) – _?_ (pilihan).
Fax : 21-515 0411

Saran, jika di telepon ada sistem timer, maka setelah terhubung dengan customer service (dengar Nama CS-nya siapa) lalu  langsung memberitahukan Indentitas :
– Nama
– Nomor telepon lokal dan jika pakai HP sebaiknya jangan pakai saat low signal, agar pihak Microsoft dapat mudah kontak.
– Email. Agar tidak salah gunakan spelling dalam menyebutkan alamat email.
Setelah itu baru deh menjelaskan  masalah yang di hadapi. Jika seandainya komunikasi telepon terputus karena ada timer, low signal, coba tunggu sebentar maka si Customer Service akan coba telepon balik.

.

Yang berhubungan dengan aktifasi atau untuk memperoleh License Key dari produk Microsoft dapat hubungi:
– Email: seapa[add]microsoft.com -> Saran, gunakan bahasa Internasional, sebab di sini supportnya belum tentu orang Indonesia.
– Web: Microsoft Activation

Pada saat mengajukan permintaan aktifasi/ License Key, kirimkan data yang ada di dalam Sertifcate Microsoft (berupa 1 lembar A4 kertas bukti pembelian produk microsoft secara resmi) yang kita peroleh dari Reseller Microsoft.

.

Jika ada masalah dengan License Key atau media (DVD) software Microsoft, dapat hubungi bagian VLSC (Volume Licensing Service Center). Untuk kontak ke sini dapat hubungi Customer Service dan minta di hubungkan ke bagian yang terkait.

Phone: 62-21-2551 8100
Customer Service: 62-21-515 5151.
Setelah masuk ke PBX Microsoft, pilih menu: 1 (Indonesia) – 5 (MSDN, Media) – 1 (Indonesia) – _?_ (pilihan).
Bicara dengan Pak Irfan atau yang lain.
Email: vlservp[add]microsoft.com

Selain itu dapat hubungi
Toll Free Number(s): 001 803 44 3033, 001 803 44 3033
Toll Number(s): +65 6622 1235

.

(update log, 31 Desember 2011)

Semua log problem yang berkaitan dengan “Windows Server Standard 2008 R2” di blog ini sudah teratasi, dengan beberapa kali komunikasi dengan pihak Customer Service, Technical Support dari Microsoft Indonesia (seperti yang ada di atas).

Ternyata sumber dari masalah ini di sebabkan oleh adanya sesuatu “miss communication” antata pembeli, penjual (reseller) & seapa Microsoft. Sehingga DVD software yang di peroleh “Windows Server Standard 2008” sedangkan License Key yang di peroleh “Windows Server Standard 2008 R2”. Tapi di sini tidak di bahas siapa yang salah atau benar, karena akibat kejadian bisa di ambil hikmanya (pelajaran).

Pelajarannya dari kejadian ini:

– Sebelum membeli konsultasikan bener kepada yang mengetahui (reseller, info di internet, teman yang sudah pakai, CS Microsoft) tentang produk yang akan di beli.

– Pastikan DVD versi software yang di beli cocok dengan License Key yang di peroleh. Sebab sesuai perkembangan teknologi, versi software cepat naik (berbeda).